20 July 2018

Adat Sasi Raja Ampat Dipamerkan di Malaysia

tnc_73153077_preview_cropped

The Nature Conservancy (TNC) Indonesia memamerkan adat Sasi masyarakat Raja Ampat, Papua Barat, pada acara International Marine Conservation Congress (IMCC) di Kuching, Sarawak, Malaysia.

Koordinator Konservasi Ilmu Pengetahuan TNC Indonesia, Awaludinoer dalam siaran pers yang diterima Antara, Kamis (19/7), menjelaskan Sasi adalah praktik pengelolaan sumber daya alam yang dilakukan masyarakat adat dengan menutup pemanfaatan sumber daya dan wilayah untuk jangka waktu tertentu.

Di Indonesia bagian timur seperti Maluku, Papua dan Papua Barat, adat ini cukup familiar dan mudah ditemui di banyak wilayah adat masyarakat setempat. Praktik ini dinilai efektif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan karena tingkat kepatuhan masyarakat lebih tinggi dibanding kepatuhan mereka terhadap hukum positif atau aturan formal.

Prosesi buka dan tutup sasi dilakukan dengan upacara adat. Tokoh adat menerapkan denda atau sanksi terhadap pelaku pelanggaran. Pada IMCC di Malaysa, Awaludin menyampaikan hasil pembelajaran dari pendampingan praktik sasi di Kampung Folley, Distrik Misool Timur, Kabupaten Raja Ampat yang dilakukan bersama Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten setempat sejak tahun  2012.

selengkapnya baca disini

YKAN

Penulis

YKAN

Informasi Terkait

Pengembangan Kepariwisataan Berkelanjutan
TNC Teliti Calon Ibu Kota Baru

02 September 2019

TNC Teliti Calon Ibu Kota Baru

Pertemuan Menteri Lingkungan Hidup G-20