03 September 2018

Aku kerabat dekat manusia

Orang utan menjadi ikon konservasi di Indonesia dan di dunia. Orangutan merupakan salah satu spesies dari kelompok keluarga Hominidae atau Hominid, juga dikenal dengan sebutan kelompok Kera Besar (Great Apes) yang berkerabat dekat dengan manusia (hominina/hominini).

Namun saat ini kerabat dekat kita Orang utan, berada di ambang kepunahan akibat kehilangan habitat alaminya dengan cepat karena pembukaan hutan yang tidak berkelanjutan, pembalakan liar serta kebakaran hutan. Selain itu Maraknya perburuan dan perdagangan orang utan ilegal semangkin mendorong berkurangnya populasi orang utan di Indonesia.

Padahal keberadaan dan kelestarian orang utan sangatlah penting untuk hutan kita. Mengapa seperti itu?

Karena orang utan adalah seed disperser. Orang utan memakan buah-buahan dengan jumlah jenis yang banyak, orang utan membantu menyebarkan jenis-jenis pohon tersebut melalui biji-biji buah yang ditelan kemudian dikeluarkan melalui kotorannya, terlebih lagi luas daerah jelajah orang utan sangatlah besar sehingga biji-biji buah-buahan dapat tersebar luas di hutan.

Let's save our precious Orang utan! Because,once species become extinct, no corrective legislation can bring them back –they are gone forever” –A.M. Solomon

YKAN

Penulis

YKAN

Informasi Terkait

Pengembangan Kepariwisataan Berkelanjutan
TNC Teliti Calon Ibu Kota Baru

02 September 2019

TNC Teliti Calon Ibu Kota Baru

Pertemuan Menteri Lingkungan Hidup G-20