Yayasan Konservasi Alam Nusantara

01 February 2017

Aplikasi SIGAP

SIGAP adalah sebuah pendekatan dan alat bantu yang telah dikembangkan oleh The Nature Conservancy (TNC) untuk mempermudah masyarakat yang bermukim di dalam dan sekitar hutan dalam melakukan mitigasi dan adaptasi pada perubahan iklim serta mengelola sumber daya alamnya secara berkelanjutan. Dalam pendampingan SIGAP, TNC dan Inspirit mengembangkan Aplikasi SIGAP. Bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, TNC meluncurkan Aplikasi SIGAP pada September 2016.

Aplikasi berbasis Android ini bertujuan untuk membantu fasilitator dan masyarakat desa dalam merencanakan, melakukan dan melaporkan tahapan SIGAP. Semua pengguna smartphone berbasis Android bisa mengunduh Aplikasi SIGAP melalui Google Playstore dan website SIGAP.

Aplikasi ini memiliki empat fitur.

  1. e-book atau Buku Digital berisi konsep dan penjelasan 7 tahapan.
  2. Kuis berisi pertanyaan-pertanyaan berkenaan dengan konsep dan 7 tahapan.
  3. Login sebagai fasilitator berisi cara mendaftar, merekam dan melaporkan kegiatan serta membuat laporan periodik.
  4. Login sebagai masyarakat desa hutan berisi cara mendaftar, memotret, menulis laporan kegiatan dan mengunggah ke website desa.

Pengguna umum hanya dapat mengakses buku digital dan kuis SIGAP. Pengguna fasilitator dapat mengakses buku digital, kuis, dan melanjutkan login SIGAP bila memiliki wilayah desa dampingan. Pengguna masyarakat dapat mengakses buku digital, kuis dan melanjutkan login SIGAP dan fitur-fitur lain.

SIGAP bertumpu pada pendekatan Asset-Based Community Development atau pengembangan masyarakat berbasis pada kekuatan-kekuatan setempat. SIGAP memiliki 7 tahapan yaitu:

  1. Mengenali / Mendekati / Membuka
  2. Membangun Percakapan
  3. Menemukan Kekuatan
  4. Membangun Impian
  5. Merancang
  6. Melaksanakan
  7. Merayakan Pencapaian
YKAN

Penulis

YKAN

Informasi Terkait

Populasi Margasatwa Berkurang
Penyelamatan Badak

09 November 2018

Penyelamatan Badak

Komitmen OOC 2018

08 November 2018

Komitmen OOC 2018