25 July 2018

Berbagi Pengalaman Pembangunan Hijau

Pembangunan Hijau

Pada kegiatan Integrated Landscape Workshop yang diselenggarakan pada bulan Maret 2018 di Cancun, Meksiko, TNC Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menampilkan bagaimana pendekatan yuridiksi di tingkat bentang alam dapat diwujudkan dengan melibatkan multi pihak. Diwakili oleh Herlina Hartanto, Niel Makinuddin, dan Saipul Rahman, TNC Indonesia menjelaskan berbagai tantangan yang dihadapi dan pembelajaran yang diperoleh, termasuk proses perwujudan Kesepakatan Pembangunan Hijau di Kalimantan Timur yang dipimpin bersama oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Gubernur Kalimantan Timur.

Untuk mendukung komitmen pemerintah Indonesia dalam mewujudkan Nationally Determined Contribution yang merujuk pada Kesepakatan Paris, TNC telah membantu pemerintah provinsi Kalimantan Timur mengembangkan inisiatif Kesepakatan Pembangunan Hijau atau Green Growth Compact (GGC).  Inisiatif ini menekankan upaya partisipatif dan kolaboratif antar pemangku kepentingan di berbagai tingkat dan peran dalam pengelolaan hutan agar kegiatan pembangunan  berkelanjutan dapat berkontribusi dalam skala yang lebih besar.  Diresmikan pada September 2016, saat ini Kesepakatan Pembangunan Hijau di Kalimantan Timur telah mendapatkan dukungan dari lebih dari 25 pihak, mulai dari universitas, kabupaten, pemimpin adat desa, dan organisasi non-pemerintah, baik lokal maupun  internasional. Selain di Indonesia, Kesepakatan Pembangunan Hijau atau Green Growth Compact juga telah dikembangkan di Meksiko dan Brazil.

Dari Workshop yang diselenggarakan untuk lingkup internal TNC ini diperoleh beberapa pembelajaran berharga bagi inovasi dalam konservasi yang tengah kita lakukan di Kalimantan Timur. Rencana penerapan pola silvopastura di Kampung Merabu mendapat banyak masukan dari rekan-rekan TNC, sementara jaringan collective leadership system dengan contoh pembelajaran dari beragam lokasi kerja TNC di seluruh dunia akan terus dikembangkan.

YKAN

Penulis

YKAN

Informasi Terkait

Pertemuan Menteri Lingkungan Hidup G-20
MEMERANGI PERBURUAN SATWA ILEGAL
Mengenal Penyu Lebih Jauh

04 January 2019

Mengenal Penyu Lebih Jauh