Yayasan Konservasi Alam Nusantara

06 November 2018

Dana Desa Kita

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan para kepala desa dan pendamping desa di Banten. Pada kesempatan itu Jokowi meminta agar penggunaan Dana Desa berinovasi untuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Jokowi juga menyatakan banyak negara ingin meniru konsep Dana Desa.

Acara yang dihadiri Jokowi tersebut yakni Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa 2019 dan Evaluasi Kebijakan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Banten. Acara berlangsung di Lapangan Froggy, Kawasan Foresta Business, Kabupaten Tangerang, Minggu (4/11/2018). Acara ini dihadiri oleh para kepala desa, pendamping desa, pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), kader posyandu, guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), LPM kabupaten, serta anggota Badan Permusyawaratan Desa.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan Program Dana Desa yang telah dijalankan oleh pemerintah selama 4 tahun merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada desa. Hingga sudah Rp 187 triliun digelontorkan pemerintah untuk pembangunan desa di seluruh Tanah Air.

"Saat ini dana desa sudah empat tahun kita jalankan. Total Rp 187 triliun. Ditambah lagi tahun depan Rp 70 triliun. Apa artinya? Artinya pemerintah memberi perhatian sangat besar kepada desa," kata Jokowi.

Dengan adanya Dana Desa, kata Jokowi, angka kemiskinan di desa menurun dua kali lipat dibandingkan di kota. Setidaknya 1,2 juta penduduk di desa sudah berhasil dientaskan dari kemiskinan.

 

selengkapnya baca disini

YKAN

Penulis

YKAN

Informasi Terkait

Populasi Margasatwa Berkurang
Penyelamatan Badak

09 November 2018

Penyelamatan Badak

Komitmen OOC 2018

08 November 2018

Komitmen OOC 2018