20 August 2018

DAS Model Rejoso Kita

Ilustrasi

Pengelolaan daerah aliran sungai (DAS) model Rejoso Kita yang dikembangkan di Pasuruan, Jawa Timur, bisa menjadi role model bagi pengembangan pengelolaan DAS di wilayah lain. Model ini telah melibatkan semua pihak dalam hal pengelolaan sumber daya alam sekitar DAS.

“Pengelolaan sumber daya air perlu dilakukan dengan melibatkan semua pihak. Pemerintah dalam hal ini hanya bertindak sebagai regulator,” jelas Gunawan Wibisono, ahli hidrologi Universitas Merdeka Malang, di sela kopi sore bersama Danone-Aqua, Kamis (16/8).

Menurutnya Rejoso Kita adalah kolaborasi strategis antara pemangku kepentingan untuk pengelolaan DAS Rejoso secara berkelanjutan yang dipelopori oleh Yayasan Social Investment Indonesia (SII), The World Agroforestry Centre (ICRAF), Collaborative Knowledge Network (CK-Net), The Nature Conservancy (TNC) dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Gerakan ini berupaya untuk menerapkan pendekatan pengembangan yang cerdas untuk menciptakan pengelolaan sumber daya air terpadu. Dengan menggabungkan keahlian dan pengalaman yang dimiliki setiap pemangku kepentingan.

Director Sustainable Development Danone Aqua Karyanto Wibowo meyakini bahwa pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya air adalah tanggung jawab bersama.

“Kita selalu berkomitmen mengelolaan SDA yang terpadu dan berkelanjutan. Melalui Gerakan Rejoso Kita seluruh pihak dapat berpartisipasi demi keberlangsungan sumber daya air”  kata Karyanto Wibowo.

Dengan pendekatan skema ko-investasi jasa lingkungan, Gerakan #RejosoKita telah berhasil melibatkan 13 kelompok tani, terdiri dari 174 petani dengan total lahan seluas 106,6 hektare di tujuh desa di Pasuruan, yang bersedia untuk bekerja sama melakukan upaya Konservasi DAS Rejoso.

Dukungan yang didapat Gerakan #RejosoKita memberikan harapan bahwa ketersedian air bersih bisa dijaga. Sejalan dengan upaya membangun infrastruktur Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), pengelolaan DAS Terpadu perlu untuk dilakukan di seluruh DAS di Indonesia. (faisal/win).

 

Sumber : http://poskotanews.com/2018/08/16/pengelolaan-das-perlu-meniru-model-rejoso-kita/

 

YKAN

Penulis

YKAN

Informasi Terkait

Pengembangan Kepariwisataan Berkelanjutan
TNC Teliti Calon Ibu Kota Baru

02 September 2019

TNC Teliti Calon Ibu Kota Baru

Pertemuan Menteri Lingkungan Hidup G-20