14 August 2018

Gangguan Pasokan Air Bersih

Air merupakan sumber daya alam (SDA) yang sangat penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Sayangnya, saat ini pasokan air bersih di Indonesia semakin berkurang. Banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi.

Meningkatnya pertumbuhan penduduk hingga banyaknya lahan yang harusnya dijadikan sebagai daerah resapan menjadi berkurang. Sehingga daerah aliran sungai (DAS) di beberapa tempat di Indonesia memikul beban berat, DAS yang semakin menurun, meningkatnya kejadian tanah longsor, erosi dan sedimentasi, banjir, dan kekeringan.

Bahkan dalam buku panduan pengelolaan sumber daya air yang dikeluarkan USAID (United States Agency for International Development), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Bappenas) disebutkan, laju pertambahan penduduk dan percepatan pembangunan di berbagai kawasan di Indonesia, tidak berbanding lurus dengan ketersediaan sumber daya air, terutama air bersih. Hal itu tidak hanya menyebabkan persoalan berkurangnya pasokan, namun juga distribusi sumber daya air yang tidak merata terhadap persebaran dan jumlah penduduk.

Di sisi lain, berbagai aktivitas manusia dan alam turut mencemari dan memperburuk kualitas sumber daya air, sehingga manusia tidak dapat langsung memanfaatkannya sebagai air bersih. Selain itu, kawasan resapan juga beralih peran dengan pembangunan infrastruktur dan pemukiman sehingga tak lagi menahan dan meresapkan sumberdaya air. Akibatnya jumlah potensi air tanah menyusut, dan mengurangi aliran mata air yang akan mengalir ke sungai saat musim kemarau.

 

baca selengkapnya disini

YKAN

Penulis

YKAN

Informasi Terkait

Pertemuan Menteri Lingkungan Hidup G-20
MEMERANGI PERBURUAN SATWA ILEGAL
Mengenal Penyu Lebih Jauh

04 January 2019

Mengenal Penyu Lebih Jauh