Yayasan Konservasi Alam Nusantara

12 October 2018

Investasi Selamatkan Ekosistem

 Menjelang pelaksanaan IMF-World Bank Annual Meeting 2018, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde berpartisipasi dalam kampanye pemulihan serta penanaman kembali terumbu karang di Nusa Dua, Bali, Minggu (7/10/2018).

Luhut mengajak masyarakat untuk melirik investasi laut, bukan hanya investasi di wilayah berbasis lahan. 

"Yang ramai dibicarakan saat ini adalah bagaimana pemerintah dan masyarakat dapat mengalihkan risiko kepada pihak ketiga untuk melindungi lingkungan laut. Artinya, mengasuransikan wilayah laut kita. Sebesar 95% lautan dunia belum dieksplorasi," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.

Sementara itu, Sri Mulyani menuturkan kegiatan kali ini memberi ide baginya untuk memberi asuransi bagi ekosistem Indonesia, yang merupakan salah satu aset dunia.

"Seperti diketahui, populasi terumbu karang kita adalah yang terbesar di dunia dan aktivitas kita bisa merusak terumbu karang tersebut. Kegiatan ini membuat saya berpikir bagaimana kalau kita membuat asuransi terhadap terumbu karang-terumbu karang ini. Kita akan diskusikan ini sebagai asuransi terhadap aset dunia karena terumbu karang ini bukan saja milik Indonesia. Kita juga harus mulai memikirkan untuk merubah perilaku dan gaya hidup untuk tidak memperburuk keadaan terumbu karang tersebut," paparnya.

selengkapnya baca disini

YKAN

Penulis

YKAN

Informasi Terkait

Populasi Margasatwa Berkurang
Penyelamatan Badak

09 November 2018

Penyelamatan Badak

Komitmen OOC 2018

08 November 2018

Komitmen OOC 2018