05 September 2018

Kaum Milenial Menjaga Kelestarian Air Bersih

Air merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat. Sayang masih banyak daera di Indonesia yang sulit mendapatkan air bersih.

Hal inilah yang membuat, Ades merek air minum dalam kemasan murni, kembali memperkuat komitmennya dalam menjaga kelestarian Iingkungan hidup. Setelah bulan Mei Ialu memberikan apresiasi kepada Pejuang Air ADES, Sugeng Handoko dari Yogyakarta dan Romo Marselus Hasan dari Nusa Tenggara Timur, yang telah memberikan kontribusi besar dalam menjaga kelestarian air sebagai sumber kehidupan dan memberikan dampak positif bagi pelestarian lingkungan.

Kini merek Air minum tersebut, memperkenalkan Sobat Air ADES, yang mengajak generasi muda terpilih yang akan terlibat langsung dalam kegiatan konservasi air yang bernama "Conservacation”.

Conservacation (conservation vacation) adalah kegiatan aksi lingkungan yang melibatkan masyarakat untuk bergabung menjadi Sobat Air Ades untuk bersama dengan Pejuang Air ADES, memadukan kegiatan konservasi dan pengelolaan air yang berkelanjutan, sekaligus menikmati alam Indonesia yang asri. Kegiatan ini akan dilakukan di area konservasi air yaitu Desa Bea Muring, Nusa Tenggara Timur dan Desa Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta selama maksimal 6 hari.

Mohamad Rezki Yunus, Marketing Manager Hydration, Coca-Cola Indonesia mengatakan, Kali ini di era kolaborasi, Ades memberikan wadah untuk mengajak dan mempertemukan generasi muda dari beragam daerah dan Iatar belakang namun memiliki visi yang sama, yaitu memiliki semangat mencintai alam Indonesia dan ingin berkontribusi pada konservasi dan pengelolaan air yang berkeIanjutan untuk kelangsungan hidup masyarakat Indonesia dengan menjadi Sobat Air ADES dan mengikuti kegiatan Conservacation.

“Kegiatan ini memiliki keunikan karena selain memberikan kesempatan kepada generasi muda ini untuk berkontribusi langsung pada kegiatan konservasi dan pengelolaan air yang berkelanjutan, tapi juga mengajak mereka menikmati keindahan alam Indonesia. Inilah semangat kami Cinta Air, Cintai Hidup,” ujarnya saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pemilihan Sobat Air ADES melalui akun media sosial ADES di Facebook Ades Indonesia serta Instagram @ades_indonesia, dan yang telah terpilih dan bergabung sebanyak 20 generasi muda yang semangat dan siap melakukan aksi nyata konservasi air bersama Pejuang Air ADES. Para Sobat Air ADES yang telah terpilih ini akan diberikan tantangan oleh ADES Indonesia untuk menunjukan kepedulian dan kontribusi pada lingkungan.

Pada tanggal 19 22 September nanti, 10 Sobat Air ADES akan menjalani Conservacation di Yogyakarta bersama Pejuang Air ADES Sugeng Handoko. Setelahnya, pada tanggal 25 30 September, 10 Sobat Air ADES akan menjalani Conservacation di Nusa Tenggara Timur bersama Pejuang Air ADES Romo Marselus Hasan.

Serangkaian kegiatan konservasi dan pengelolan air yang berkelanjutan yang akan dijalani, melalui proses survei dan workshop bersama Pejuang Air ADES. ADES Indonesia, Yayasan Konservasi Alam Nusantara yang merupakan mitra lokal dari The Nature Conservancy Indonesia, dan Coca-Cola Indonesia telah bersama-sama melakukan rangkaian tinjau lapangan di Desa Bea Muring, Nusa Tenggara Timur dan Desa Nglanggeran, Gunung Kidul Yogyakarta. Hasil tinjau lapangan bersama Pejuang Air ADES antara lain:

- Membangun sumur resapan sebagai upaya konservasi air dan mengoptimalkan sumber air, agar warga di Desa Nglanggeran bisa mendapatkan air secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan irigasi.

- Pengoptimalan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) lewat pengerukan sungai yang mendangkal dan upaya pelestarian sumber daya air melalui penanaman pohon di sekitar daerah aliran sungai, serta perbaikan akses air bersih bagi warga sebagai bagian dari kegiatan konservasi dan pengelolaan air yang berkelanjutan sehingga terwujud pengembangan kehidupan dan perekonomian keluarga melalui program konservasi air berkelanjutan.

”kami sebagai organisasi non-profit di bidang lingkungan sangat memahami pentingnya konservasi air bagi kehidupan. Dalam kolaborasi ini, telah membantu melakukan survei dan workshop, hingga melakukan pendampingan dalam perbaikan dan pembangunan fasilitas untuk terwujudnya upaya konservasi air berkelanjutan di daerah asal Pejuang Air ADES. Hadirnya Sobat Air ADES kami harapkan dapat menjadi agent of change dalam hal konservasi air, yang membantu mengubah paradigma generasi muda tentang pemanfaatan air yang menitikberatkan pada upaya-upaya konservasi penghematan serta pemanfaatan air secara berkelanjutan,” ujar Jaka Setia, Communication Manager Yayasan Konservasi Alam Nusantara.

 

sumber : https://www.vemale.com/people-we-love/119348-begini-cara-kaum-milenial-menjaga-kelestarian-air-bersih.html

YKAN

Penulis

YKAN

Informasi Terkait

Pertemuan Menteri Lingkungan Hidup G-20
MEMERANGI PERBURUAN SATWA ILEGAL
Mengenal Penyu Lebih Jauh

04 January 2019

Mengenal Penyu Lebih Jauh