05 June 2018

Kesehatan Karang di Perairan Raja Ampat

Perairan Raja Ampat terkenal dengan tingginya keragaman ikan karang, biota laut dan ekosistem terumbu karangnya. Alasan ini pula yang membuat Raja Ampat masuk dalam kawasan pusat keragaman biota terumbu karang di dunia atau yang disebut dengan The Coral Triangle Initiative (CTI). Suatu inisiatif yang diprakarsai enam negara, Indonesia, Filipina, Palau, Papua Niugini, Kepulauan Salomon dan Timor Leste.

Sebuah penelitian dari Australian Institute of Marine Science (AIMS) menobatkan Raja Ampat sebagai lokasi jumlah jenis karang dalam satu kawasan terbanyak, yaitu 540 jenis. Tak ada lokasi manapun di bumi ini yang mampu menyamai keragaman karang seperti halnya Raja Ampat.

Hasil studi G.R Allen menyebut ada 284 jenis dalam satu lokasi atau sekali penyelaman, yang menjadikan keragaman tertinggi di Raja Ampat tertinggi di dunia. Adapun total jenis ikan karang di Raja Ampat dilaporkan sebanyak 1.074 jenis, tertinggi ketiga setelah TelukMaumere, Flores, Indonesia (1.111 jenis), dan Milne Bay Province, PNG (1.109 jenis).

selengkapnya baca disini

YKAN

Penulis

YKAN

Informasi Terkait

Pertemuan Menteri Lingkungan Hidup G-20
MEMERANGI PERBURUAN SATWA ILEGAL
Mengenal Penyu Lebih Jauh

04 January 2019

Mengenal Penyu Lebih Jauh