Yayasan Konservasi Alam Nusantara

08 November 2018

Komitmen OOC 2018

Gelaran Our Ocean Conference (OOC) di Nusa Dua, Bali telah berakhir dengan sukses. Konferensi yang dihadiri 5 kepala negara, 45 perwakilan pemerintahan, dan lebih dari 3.000 delegasi dari 89 negaraitu menghasilkan sejumlah komitmen dari para pihak untuk penyelamatan laut global dan untuk mengarahkan sektor kelautan dan perikanan menjadi lebih berkelanjutan.

Tercatat ada 305 komitmen nyata dan terukur yang dinyatakan oleh negara para pihak dan non pemerintah, dengan komitmen pendanaan sebesar USD 10,7 miliar yang dihasilkan dari OOC 2018. Dan komitmen untuk membuat kawasan konservasi laut global (KKL) seluas 14 juta km2.

Sejumlah 305 komitmen tersebut, 40 persen merupakan komitmen dari negara dan sisanya dari pihak non pemerintah serta sektor korporasi. Entitas PBB, Akademisi, komunitas ilmiah dan organisasi filantropis mendaftarkan komitmen paling sedikit. Komitmen tersebut mencakup hampir semua perairan laut dunia.

Indonesia sendiri telah menyatakan 23 komitmen dengan komitmen pendanaan mencapai USD 80 juta. Bila digabung dengan Bank Dunia, LSM dan beberapa sektor korporasi dan yayasan, komitmen pendanaan Indonesia mencapai USD 500 juta.

Sebanyak 305 komitmen tersebut terbagi dalam 6 area aksi yaitu sebanyak 47 komitmen untuk KKL, 39 komitmen terkait perubahan iklim yang berhubungan dengan laut, 49 komitmen untuk keamanan maritim, 63 komitmen untuk menangani polusi kelautan, 47 komitmen untuk perikanan berkelanjutan dan 46 komitmen untuk ekonomi biru berkelanjutan.

Nantinya, komitmen dari hasil OOC 2018 diusulkan untuk diserahkan kepadaUnited Nation Ocean Conference agar dimasukkan dalamSustainable Development Goals(SDG’s) ke-14 yaitu Sustainable Development Knowledge Platform.

 

Selengkapnya baca disini 

YKAN

Penulis

YKAN

Informasi Terkait

Populasi Margasatwa Berkurang
Penyelamatan Badak

09 November 2018

Penyelamatan Badak

Program KEE Wehea-Kelay

07 November 2018

Program KEE Wehea-Kelay