Yayasan Konservasi Alam Nusantara

19 September 2016

Komunitas

Masyarakat yang tinggal di dalam dan sekitar wilayah yang kaya akan sumberdaya alam di Indonesia menghadapi pilihan tentang mata pencaharian dan nasib wilayah sumberdaya alam mereka. Bagi sebagian besar masyarakat, hutan adalah sumber mata pencaharian dan identitas mereka. Namun, model pembangunan pada umumnya adalah mengubah hutan alam menjadi lahan penggunaan lain. Situasi yang serupa juga dapat kita jumpai di daerah pesisir.

TNC mengakui fakta bahwa kesuksesan konservasi di Indonesia harus bermanfaat bagi masyarakat yang terkena dampak. Keterlibatan dan pemberdayaan masyarakat, termasuk mengikutsertakan kearifan lokal adalah pusat dari seluruh kerja konservasi kami serta elemen utama kesuksesan kami selama decade terakhir. Kami juga memahami kebutuhan dan tantangan luar biasa untuk meningkatkan kerja-kerja berbasis masyarakat untuk mencapai tujuan konservasi dan pembangunan yang bermakna.

Untuk mendukung masyarakat menghadapi tantangan ini, TNC mengembangkan kerangka keterlibatan masyarakat terpadu, Aksi Inspirasi Warga untuk Perubahan (SIGAP) yang disusun berdasarkan aspirasi masyarakat bagi masa depan dan visi wilayahnya. Kerangka ini akah melibatkan masyarakat dalam perencanaan, membuat dan mempengaruhi keputusan, memperkuat akses masyarakat kepada hak atas lahan dan sumberdaya alam, mengelola sumberdaya alam secara berkelanjutan serta meningkatkan taraf hidup mereka.

Mari bersama kami dalam mendukung masyarakat untuk mengelola sumberdaya alam secara berkelanjutan serta mendukung pemerintah untuk menghasilkan kebijakan yang berbasis masyarakat.

Komunitas

© Bridget Besaw

Komunitas

© Bridget Besaw

Komunitas

© Bridget Besaw

Komunitas

© Bridget Besaw

Komunitas

© Bridget Besaw

YKAN

Penulis

YKAN

Informasi Terkait

Populasi Margasatwa Berkurang
Penyelamatan Badak

09 November 2018

Penyelamatan Badak

Komitmen OOC 2018

08 November 2018

Komitmen OOC 2018