17 July 2018

Manfaat Sasi Laut bagi Alam dan Masyarakat

Yefta Mjam dan istri, warga Kampung Folley, Distrik Misool Timur, Kabupaten Raja Ampat menunjukkan teripang dari hasil buka sasi 

Sasi atau praktik pengelolaan sumber daya alam yang dilakukan oleh masyarakat adat dengan penutupan pemanfaatan sumber daya dan wilayah untuk jangka waktu tertentu, masih banyak dikenal di Indonesia bagian Timur, khususnya di Maluku dan Papua. Praktik ini masih efektif karena tingkat kepatuhan masyarakat lebih tinggi dibandingkan kepatuhan terhadap hukum positif atau aturan formal. Prosesi buka dan tutup sasi dilakukan dengan upacara adat, sementara denda atau sanksi terhadap pelaku pelanggaran ditentukan oleh para tokoh adat. 

Manfaat sasi laut bagi alam dan masyarakat menjadi topik yang diangkat The Nature Conservancy (TNC) Indonesia pada acara International Marine Conservation Congress (IMCC) di Kuching, Sarawak, Malaysia yang berlangsung pada akhir Juni 2018 lalu. TNC menyampaikan hasil pembelajaran dari pendampingan praktik sasi di Kampung Folley, Distrik Misool Timur, Kabupaten Raja Ampat yang dilakukan bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Raja Ampat sejak tahun  2012.

"Masyarakat di Kampung Folley sudah merasakan manfaat dari mengelola wilayah sasi seluas 297 hektar dengan baik. Mereka rutin melakukan pemantauan dan tidak mengambil teripang yang ukurannya di bawah 15 cm saat buka sasi. Selain tidak laku di pasaran karena terlalu kecil, pengambilan teripang lebih kecil dari 15 cm juga akan berdampak pada berkurangnya bibit karena teripang kecil ini belum sempat bertelur dan menghasilkan bibit teripang yang dibutuhkan untuk mempertahankan jumlah teripang wilayah tersebut," jelas Awaludinnoer, Conservation Science  Coordinator TNC Indonesia dalam presentasinya di IMCC yang mendapatkan sambutan hangat dari pelaku konservasi dunia.

 

baca selengkapnya disini

YKAN

Penulis

YKAN

Informasi Terkait

Pertemuan Menteri Lingkungan Hidup G-20
MEMERANGI PERBURUAN SATWA ILEGAL
Mengenal Penyu Lebih Jauh

04 January 2019

Mengenal Penyu Lebih Jauh