Yayasan Konservasi Alam Nusantara

09 July 2018

Mengenal Potensi Rumput Laut di Rote

Kompilasi Data Rumput Laut di Rote Ndao foto 2

Rumput laut merupakan komoditi andalan provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Desa Oelolot di Kabupaten Rote di NTT merupakan salah satu sentra produksi rumput laut yang terus dikembangkan. TNC Indonesia melalui fasilitator dan mitra yang ada di Rote, sejak 1 Mei 2018 telah mengumpulkan data terkait budidaya rumput laut yang diperoleh dengan mewawancarai petani  dan melakukan penandaan petak lahan pertanian dengan menggunakan GPS.

Hasil terkini dari kegiatan ini adalah kumpulan informasi mengenai 192 petak pertanian rumput laut yang semuanya dimiliki komunitas lokal Oelolot. Sehubungan dengan kegiatan ini, tim akan menyusun semua data petani dan memeriksa data dengan gambaran akurasi yang tinggi dari pemetaan hasil. Data terakhir akan digunakan sebagai data dasar untuk penelitian partisipatif mengenai hasil pertanian rumput laut di Oelolot, Rote Ndao.

TNC juga terus berkoordinasi dengan otoritas Taman Nasional Laut Sawu (BKKPN Kupang) untuk membahas pembaruan terkini implementasi proyek rumput laut di Oelolot. Beberapa hal yang dibahas diantaranya isu konservasi terkait rencana kerja untuk kegiatan pemetaan, kegiatan budidaya rumput laut, dan masalah produktivitas dalam budidaya rumput laut. Isu – isu ini perlu untuk lebih didalami untuk pemberdayaan petani rumput laut agar habitat vital Laut Sawu tetap dapat lestari.

YKAN

Penulis

YKAN

Informasi Terkait

Populasi Margasatwa Berkurang
Penyelamatan Badak

09 November 2018

Penyelamatan Badak

Komitmen OOC 2018

08 November 2018

Komitmen OOC 2018