19 July 2018

Pengelolaan Ikan yang Berkelanjutan

Ikan2

Tahu-kah kamu Nature Heroes bahwa memastikan populasi ikan tetap terjamin di masa depan adalah tugas yang menantang dan membutuhkan solusi luas dengan mempertimbangkan seluruh ekosistem dan kontribusi terhadap pembangunan masyarakat lokal yang berkelanjutan. Terdapat setidaknya 5 penyebab utama dari kehilangannya populasi ikan yang disebabkan oleh aktivitas manusia, yaitu eksploitasi berlebih; degradasi habitat; pencemaran; penangkapan tidak ramah lingkungan dan masuknya spesies invasif.

Karenanya sistem kelola perikanan yang berkelanjutan sangatlah penting untuk dilaksanakan oleh semua lapisan masyarakat. Pemanfaatan sumberdaya harus didasarkan pada sistem dan kapasitas daya dukung (carrying capacity) alamiahnya. Sumberdaya perikanan adalah sumberdaya yang dapat pulih (renewable) yang berarti bahwa apabila tidak terganggu, maka besar kecilnya hasil tangkapan tergantung pada jumlah stok alami yang tersedia di perairan dan kemampuan alamiah dari habitat untuk menghasilkan biomass.

The Nature Conservancy Indonesia bekerja sama dengan nelayan, dunia usaha, pemerintah, dan akademisi untuk merancang dan menerapkan pendekatan pengelolaan perikanan yang mempromosikan pasokan pangan laut yang stabil, menjaga sumber penghidupan nelayan dan konservasi laut.

YKAN

Penulis

YKAN

Informasi Terkait

Pertemuan Menteri Lingkungan Hidup G-20
MEMERANGI PERBURUAN SATWA ILEGAL
Mengenal Penyu Lebih Jauh

04 January 2019

Mengenal Penyu Lebih Jauh