Yayasan Konservasi Alam Nusantara

26 November 2018

Fokus Konservasi

Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, mendukung segala upaya yang dilakukan lembaga konservasi yang ada di daerah tersebut untuk menjaga kelestarian alam.

Sekretaris Daerah Kabupaten Raja Ampat, Yusuf Salim, di Waisai, Rabu, (14/11), mengatakan, Raja Ampat membutuhkan lembaga konservasi seperti Conservation Internasional (CI), The Nature Conservation (TNC), dan Flora Fauna Internasional (FFI) agar kekayaan alamnya tetap terjaga.

Dia mengatakan bahwa lembaga konservasi tersebut sangat membantu pemerintah daerah dengan berbagai programnya kepada masyarakat agar masyarakat konsisten menjaga alam.

Pemerintah mengapresiasi upaya yang dilakukan lembaga-lembaga konservasi di Raja Ampat, terutama CI, yang telah berhasil membasmi bintang laut berduri (acanthaster planci). Ini  adalah salah satu biota laut ecinodermata yang menjadi predator pemakan polip pada karang. Bintang laut berduri adalah hama untuk terumbu karang.

Menurut Sekda, bintang laut berduri apabila dibiarkan akan berkembang menjadi banyak dan dapat merusak terumbu karang yang begitu indah dan menjadi potensi pariwisata dunia.

Karena itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten Raja Ampat menyatakan serius mendukung upaya penanganan bintang laut berduri yang sudah dilakukan oleh lembaga konservasi di Kabupaten Raja Ampat.

Sekda minta seluruh instansi terkait Pemerintah Kabupaten Raja Ampat agar menjalani kerjasama yang baik dengan lembaga-lembaga konservasi yang ada di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan melestarikan alam.

"Saya sudah menyuruh instansi terkait pula agar bekerjasama dengan lembaga konservasi secara serius untuk menangani bintang laut berduri yang merupakan ancaman bagi laut Raja Ampat," tambah dia.


Source : https://akurat.co/gayahidup/id-391125-read-fokus-konservasi-raja-ampat-masih-dipusingkan-dengan-bintang-laut-berduri

YKAN

Penulis

YKAN

Informasi Terkait

PALM OIL: LESS STRIFE, MORE SOLUTIONS
Aplikasi Pengelolaan Ikan Tangkap
Pengendalian Perubahan Iklim

14 December 2018

Pengendalian Perubahan Iklim