28 May 2019

Batiqa

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan keanekaragaman hayati laut paling banyak di dunia. Kekayaan wisata bahari yang menakjubkan menjadi hal yang harus terus dijaga, salah satunya dari ancaman sampah plastik. Menurut salah satu penelitian, sekitar 4.8 juta hingga 12.7 juta metrik ton sampah plastik memasuki lautan setiap tahunnya. Bukan hanya merusak keindahan, sampah plastik juga berdampak buruk bagi kestabilan ekosistem alam.

Sebagai sebuah organisasi yang bergerak dengan misi untuk melestarikan daratan dan perairan Indonesia, Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) bekerja sama dengan BATIQA Hotels meluncurkan gerakan #OneEarthMovement. Melalui gerakan tersebut, BATIQA Hotels dengan dukungan YKAN berkomitmen untuk berperan aktif dalam menjaga kestabilan ekosistem alam secara berkelanjutan.

Amir Tjahaja selaku Wakil Presiden Direktur BATIQA Hotels mengungkapkan bahwa gerakan #OneEarthMovement ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli dengan kelestarian alam indonesia dan mengedukasi masyarakat mengenai conscious hospitality. Conscious hospitality merupakan konsep layanan yang mengaplikasikan keramahtamahan dengan penuh kesadaran, bertujuan dan pertimbangan yang bijaksana.

BATIQA Hotels dengan dukungan dari YKAN mulai berperan aktif menerapkan conscious hospitality untuk mengurangi kerusakan lingkungan dengan meminimalkan penggunaan plastik di lingkungan hotel. Secara bertahap, BATIQA Hotels mengganti amenities hotel yang berbahan dasar plastik menjadi ecoplas yang terbuat dari tepung singkong. Berbeda dengan plastik, ecoplas lebih cepat terurai sehingga akan membantu mengurangi jumlah limbah plastik yang berpotensi merusak ekosistem alam Indonesia.

Gerakan #OneEarthMovement yang diusung BATIQA Hotels dengan dukungan YKAN memiliki tiga program. Program pertama disebut program Stay With Purpose. Dalam program ini, BATIQA Hotels akan mendonasikan Rp 10.000/transaksi untuk setiap reservasi yang dilakukan dengan cara walk-in. Sementara untuk setiap reservasi melalui situs resmi www.batiqa.com, donasi yang diberikan adalah sebesar Rp 5.000/transaksi. Program kedua adalah The Movement. BATIQA Hotels menawarkan amenities ecoplas yang dapat dibeli oleh tamu hotel di bagian front office. BATIQA Hotels akan mendonasikan Rp 15.000 dari setiap ecoplas yang terjual. Kemudian program terakhir adalah Make a Difference. BATIQA Hotels tidak hanya mengajak tamu hotel untuk dapat terlibat, namun juga mengajak masyarakat luas untuk berpartisipasi aktif di gerakan #OneEarthMovement melalui donasi secara mandiri melalui link yang dapat ditemukan di www.batiqa.com. Seluruh hasil donasi tersebut akan digunakan untuk kegiatan konservasi lingkungan di Kepulauan Derawan dan Pulau Rote.

Batiqa

© YKAN

Batiqa

© YKAN

Batiqa

© YKAN

Batiqa

© YKAN

YKAN

Penulis

YKAN

Informasi Terkait

OrangutanDays

29 August 2019

OrangutanDays

Puyo Silky Desserts

10 September 2018

Puyo Silky Desserts

Kiehls

10 September 2018

Kiehls