Yayasan Konservasi Alam Nusantara

Tentang Mangrove

Indonesia
Mangrove

Bagikan informasi ini

Tentang MANGROVE

Mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau,dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Mangrove ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.

Ekosistem Mangrove bersifat khas, baik karena adanya pelumpuran yang mengakibatkan kurangnya abrasi tanah; salinitas tanahnya yang tinggi; serta mengalami daur penggenangan oleh pasang-surut air laut. Hanya sedikit jenis tumbuhan yang bertahan hidup di tempat semacam ini, dan jenis-jenis ini kebanyakan bersifat khas hutan bakau karena telah melewati proses adaptasi dan evolusi.

Luas dan penyebaran

Mangrove menyebar luas di bagian yang cukup panas di dunia, terutama di sekeliling khatulistiwa di wilayah tropika dan sedikit di subtropika.

Luas Mangrove di Indonesia antara 2,5 hingga 4,5 juta hektar, merupakan mangrove yang terluas di dunia. Luas Mangrove di Indonesia mencapai 25 persen dari total luas mangrove di dunia. Namun sebagian kondisinya kritis.

Mengapa mangrove penting bagi manusia?

Kawasan mangrove merupakan salah satu ekosistem yang paling produktif di dunia. Selain menjadi daerah perlindungan dan perkembangan beragam biota laut, ekosistem mangrove juga banyak memberi manfaat bagi manusia, seperti pencegah abrasi, pendukung aquaculture, hingga sebagai daerah wisata.

Apa saja ancaman terhadap mangrove di Indonesia?

Ancaman utama terhadap mangrove di Indonesia adalah pemanfaatan yang tidak ramah lingkungan. Budidaya perairan, infrastruktur pantai termasuk pelabuhan, industri, pembangunan tempat perdagangan, perumahan dan pertanian adalah penyebab berkurangnya sumber daya mangrove. Ancaman lain yang juga sangat serius berasal dari pengelolaan DAS yang serampangan dan meningkatnya pencemar hasil industri dan domestik (rumah tangga) yang masuk ke dalam daur hidrologi.

Tentang Mangrove
Tentang Mangrove

© TNC | YKAN