Yayasan Konservasi Alam Nusantara

Tentang Mera

Indonesia
Mangrove

Bagikan informasi ini

Apa yang dimaksud dengan MERA?

Mangrove Ecosystem Restoration Alliance adalah sebuah aliansi yang dibentuk untuk mendukung pengelolaan hutan mangrove secara berkelanjutan di Indonesia. Aliansi ini beranggotakan akademisi, LSM, masyarakat, pemerintah dan swasta yang ingin mewujudkan pengelolaan hutan mangrove yang terintegrasi dan berkelanjutan di Indonesia.

Mengapa MERA berfokus pada Mangrove?

Dari sekitar 14 juta ha mangrove yang tersebar di berbagai negara, hampir seperlimanya diantaranya ada di Indonesia.

Mengapa MERA dibentuk?

MERA dibentuk sebagai wadah bagi para pemangku kepentingan seperti akademisi, masyarakat, LSM, dan swasta yang ingin membantu pemerintah pusat dan daerah dalam pengelolaan mangrove secara terintegrasi di Indonesia. Pembentukan aliansi seperti MERA yang didukung multi pihak diharapkan dapat membantu terwujudnya pengelolaan mangrove yang berkelanjutan di Indonesia.

Mengapa bentuk aliansi yang dipilih?

Bentuk aliansi dipilih MERA karena masing-masing pihak yang terlibat di dalamnya dapat bekerja sama sesuai dengan kemampuannya masing-masing untuk mencapai tujuan bersama yaitu terciptanya pengelolaan mangrove yang berkelanjutan di Indonesia.  Masing-masing anggota memiliki kedudukan yang sama dan dapat berperan sebagai penggerak upaya konservasi dan restorasi mangrove di wilayahnya masing-masing.

Siapa anggota MERA?

Anggota MERA adalah para pemangku kepentingan yang berkeinginan untuk mewujudkan pengelolaan mangrove secara berkelanjutan di Indonesia. Mereka terdiri dari akademisi, masyarakat, LSM, badan pemerintah dan swasta.

Siapa pencetus berdirinya MERA?

MERA digagas oleh Yayasan Konservasi Alam Nusantara, afiliasi lokal dari The Nature Conservancy Indonesia.

Dimana MERA beroperasi?

Saat ini kami telah menandatangani kerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi DKI Jakarta untuk penguatan fungsi Suaka Margasatwa Muara Angke sebagai pusat edukasi lingkungan dan restorasi ekosistem mangrove dan mendukung pengelolaan terpadu.

Tentang Mera
Tentang Mera

© YKAN